IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Pengertian Tipografi dan unsur-unsur tipografi | Desain Grafis

Assalam'alaikum wr wb.

Selamat datang kembali di blog Belajar Online, kali ini saya akan membahas seputar tipografi, apa sih pengertian tipografi dan unsur-unsur tipografi?


Pengertian tipografi


Tipografi merupakan unsur tata letak yang fungsi nya untuk menyampaikan pesan tertentu dan menciptakan kesan tertentu, sehingga susunan tata letak dapat terlihat lebih menarik serta pesan yang disampaikan juga bisa diterima dengan jelas bagi yang melihatnya. Dari artinya "Typography" (Tipografi) adalah seni memodifikasi huruf.



a. Unsur-unsur Tipografi



Tipografi dalam fungsinya sebagai tata letak secara umum berupa teks yang terdiri atas beberapa bagian yaitu:

1. Judul (Headline)




Judul (Headline) dalam sebuah komposisi tata letak merupakan bagian yang paling terpenting untuk menarik perhatian dan merupakan yang pertama kali dibaca. Judul berperan sebagai pembuka yang akan mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui informasi atau isi pesan yang ada didalamnya.

2. Sub judul (sub headline)


Sub judul merupakan kelanjutan dan sub judul berfungi menjelaskan makna atau arti pada judul karena judul biasanya cukup singkat perlu adanya penjelasan lebih lengkap yang saling mendukung.

Baca juga: cara top up OVO dengan mudah

3. Naskah (Body copy)


Naskah adalah kalimat berisi informasi yang lebih mendetail dan mendalam sesuai dengan tema pada judul, fungsi nya untuk memberikan wawasan kepada pembaca sehingga pembaca dapat menganalisa isi pesan, menentukan sikap dan tindak lanjut terhadap pesan yang disampaikan.

4. Logotipe (logotype). 



Logo yang berupa teks atau huruf disebut Logotype. Logo sebagai identitas produk atau intansi dibuat sederhana dan komunikatif yang merupakan manifestasi dan seluruh filosofi sebuah produk atau sebuah perusahaan.

b. Gaya huruf pada tipografi




Coretan huruf memiliki empat jenis yaitu:
1. Coretan ke arah vertikal
2. Coretan ke arah horizontal
3. Coretan diagonal
4. Coretan lingkaran

c. Variasi huruf



Variasi huruf memberikan desainer untuk mengekspresikan membedakan dan memberikan tekanan pada bagian-bagian tertentu pada teks, selain itu variasi huruf juga dapat memberikan pemanis dan emphasis pada sebuah teks berita yang ditampilkan pada cetak an.


d. Penataan huruf




Berhasil atau tidaknya suatu komunikasi visual dapat disebabkan pula oleh pengaturan huruf dalam teks. Kurang sesuainya pengaturan teks akan tampak kurang harmonis dan kelihatan kurang sempurna pembaca enggan membacanya.

Baca juga: cara menghitung jumlah kata di android tanpa aplikasi

Hallo guys buat kalian yang mau desain baju sendiri silahkan kalian kunjungi www.ciptaloka.com dijamin baju nya bagus dan high quality

Nah tadi adalah sedikit pembahasan mengenai tipografi, jika pembahasan tadi bermanfaat kalian share saja artikel ini.

 Jika ada kata atau bahasa yang kurang dipahami atau salah mohon di maafkan. Jika kalian ingin tau tentang artikel selanjutnya. Terimakasih.


Wassalamu'alaikum wr wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel