IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label

Cara membuat daftar isi blog berdasarkan label - Daftar artikel atau yang sering blogger sebut sitemap adalah hal penting yang harus ada pada sebuah blog, karena dengan adanya daftar artikel pada blog kita maka pengunjung akan mudah menemukan artikel  yang dia cari pada blog kita.

Nah kali ini saya akan membagikan tips and trik pada kalian cara membuat daftar isi blog berdasarkan label, apa itu label pada blog? Label adalah kategori atau jenis artikel yang dibahas didalamnya. Misalnya tentang makanan, blog,  YouTube, tips and trik, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Baca juga: cara membuat blog di HP android

Sedangkan daftar isi berdasarkan label adalah daftar artikel berdasarkan kategori yang dikelompokkan, Seperti contoh diatas. Dengan daftar isi menurut label maka sitemap kamu akan terasa enak dipandang dan biar blog kalian dilihat profesional karena memerhatikan pembaca agar tetap nyaman di blog kita.

Daftar ini bisa kalian pasang dimana saja misalnya di widget dan halaman blog. Tapi, kebanyakan blogger lebih memilih disimpan pada halaman blog.

Ikuti saja langkah dibawah ini cara membuat daftar isi blog berdasarkan label yaitu sebagai berikut. Saya berikan tutorial cara membuat daftar isi blog berdasarkan label lengkap dengan gambarnya.

Cara membuat daftar isi blog berdasarkan label

1. Pertama kalian pilih blog yang akan kalian tambahkan sitemap/daftar isi.

2. Pada menu blog sebelah kiri pilih menu halaman, kemudian kalian klik halaman baru.


3. Buatlah judul pada halaman dengan judul "Sitemap" Atau kalian buat judul "daftar isi".


4. Setelah kalian membuat judulnya,  kalian salin kode yang ada dibawah ini, lalu kalian pastekan di kolom HTML sebagai isi dari halamannya. Jika kalian ingin membuktikan apakah kode HTML tersebut jalan, maka kalian coba lihat demo sitemap pada blog saya klik saja DISINI.


Kode HTML

<style>
p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 15px;}
a.post-titles {}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
</style>
<script>
//<![CDATA[
var postTitle=new Array();var postUrl=new Array();var postLabels=new Array();var postRecent=new Array();function sitemaplabel(a){function b(){if("entry" in a.feed){var d=a.feed.entry.length;numberfeed=d;ii=0;for(var h=0;h<d;h++){var n=a.feed.entry[h];var e=n.title.$t;var j;for(var g=0;g<n.link.length;g++){if(n.link[g].rel=="alternate"){j=n.link[g].href;break}}var o="";for(var g=0;g<n.link.length;g++){if(n.link[g].rel=="enclosure"){o=n.link[g].href;break}}var c="";if("category" in n){for(var g=0;g<n.category.length;g++){c=n.category[g].term;var f=c.lastIndexOf(";");if(f!=-1){c=c.substring(0,f)}postLabels[ii]=c;postTitle[ii]=e;postUrl[ii]=j;if(h<10){postRecent[ii]=true}else{postRecent[ii]=false}ii=ii+1}}}}}b();sortBy="titleasc";sortPosts(sortBy);sortlabel();tocLoaded=true;displayToc2()}function sortPosts(d){function c(e,g){var f=postTitle[e];postTitle[e]=postTitle[g];postTitle[g]=f;var f=postUrl[e];postUrl[e]=postUrl[g];postUrl[g]=f;var f=postLabels[e];postLabels[e]=postLabels[g];postLabels[g]=f;var f=postRecent[e];postRecent[e]=postRecent[g];postRecent[g]=f}for(var b=0;b<postTitle.length-1;b++){for(var a=b+1;a<postTitle.length;a++){if(d=="orderlabel"){if(postLabels[b]>postLabels[a]){c(b,a)}}}}}function sortlabel(){sortBy="orderlabel";sortPosts(sortBy);var a=0;var b=0;while(b<postTitle.length){temp1=postLabels[b];firsti=a;do{a=a+1}while(postLabels[a]==temp1);b=a;sortPosts2(firsti,a);if(b>postTitle.length){break}}}function sortPosts2(d,c){function e(f,h){var g=postTitle[f];postTitle[f]=postTitle[h];postTitle[h]=g;var g=postUrl[f];postUrl[f]=postUrl[h];postUrl[h]=g;var g=postLabels[f];postLabels[f]=postLabels[h];postLabels[h]=g;var g=postRecent[f];postRecent[f]=postRecent[h];postRecent[h]=g}for(var b=d;b<c-1;b++){for(var a=b+1;a<c;a++){if(postTitle[b]>postTitle[a]){e(b,a)}}}}function displayToc(a){var l=0;var h="";var e="Post Title";var c="Category";var j="";if(postFilter!=""){j="Click to view all"};if(l==postTitle.length)var b=document.getElementById("toc");b.innerHTML=f+h}function displayToc2(){var a=0;var b=0;while(b<postTitle.length){temp1=postLabels[b];document.write("<p/>");document.write('<p class="labels"><a href="/search/label/'+temp1+'">'+temp1+"</a></p><ol>");firsti=a;do{document.write("<li>");document.write('<a class="post-titles" href="'+postUrl[a]+'">'+postTitle[a]+"</a>");if(postRecent[a]==true){document.write(' - <strong><span style="color: rgb(255, 0, 0);">Baru!</span></strong>')}document.write("</li>");a=a+1}while(postLabels[a]==temp1);b=a;document.write("</ol>");sortPosts2(firsti,a);if(b>postTitle.length){break}}};
//]]>
</script>
5. Pada bagian bawah kode HTML terdapat alamat blog saya kalian ganti alamat blog saya dengan alamat blog kalian. Setelah itu kalian klik publikasi (ingat pastekan kode tadi pada HTML. Nah cara membuat daftar isi blog berdasarkan label sudah berhasil, coba kalian cek.

Setelah itu kalian harus memasukkan URL sitemap/daftar isi tersebut pada footer atau bagian bawah blog biasanya. Agar daftar isi pada blog kalian bisa dibuka atau dilihat oleh pengunjung, Caranya yaitu sebagai berikut.

1. Kalian masuk pada menu tema, lalu kalian langsung saja klik edit HTML.

2. Setelah itu kalian search dengan kata kunci "privacy policy" Dengan menekan tombol CTRL+F pada keyboard. Lalu kalian tuliskan kode <li><a href='https:// disini kalian isi kan URL sitemap nya'>Sitemap</a></li>

3. Setelah itu kalian klik save. Selesai, coba kalian masuk pada blog kalian lalu kalian menuju ke menu footer lalu kalian klik menu sitemap. Jika langsung masuk ke menunya berarti sudah berhasil.

Baca juga: cara membuat widget recent post responsive pada blog

Nah itu adalah sedikit penjelasan cara membuat daftar isi blog berdasarkan label, jika ada yang kalian tanyakan silahkan kalian tulis dikolom komentar atau kalian hubungi saya melalui contac us dibawah.

Share artikel ini untuk mensupport saya karena jika kamu share artikel ini siapa tahu artikel ini bermanfaat juga untuk orang lain.
Terimakasih sudah membaca artikel dari saya semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah. Biar kita bahas tentang apa yang kita tahu, apabila ada tulisan atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan.

Terimakasih sampai jumpa lagi dilain waktu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel