IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Apa Sajakah Manfaat Dari Pemrograman Java ?

Assalamu'alaikum wr wb.


Mungkin sebagian besar anak IT sudah mengetahui Bahasa pemrograman yang satu ini. Pengertian java itu sendiri adalah Bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di computer atau handphone dan Bahasa pemrograman yang open source atau umum. Java banyak digunakan didunia saintik dan akademik. Banyak akademisi Indonesia yang menggunakan java sebagai alat untuk menyelesaikan skripsi dengan topik kecerdasan buatan, enterprise, data mining, aplikasi mobile. Namun didalam dunia web, java memiliki beberapa framework , diantaranya java server pages, spark, Jakarta struts.


Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas penjelasannya :

Pengertian Java


Java adaah Bahasa pemrograman multi platform dan multi device atau perangkat. Jika anda menuliskan coding menggunakan java, maka anda dapat menjalankan program tersebut hamper di semua computer dan perangkat lainnya yang mendukung dengan pemrograman java.  Java juga Development Environment dimana java merupakan sebuah peralatan yang menyediakan banyak tools atau alat, diantaranya : interpreter, compiler, penyusun dokumentasi dan lainnya.

Maka fungsi dari java ini dapat berjalan pada platform yang berbeda Karen sifatnya yang umum .

Bahasa pemrograman java ini dibuat oleh James Gosling saat dia masih bergabung di Sun Microsystems dimana pada saat sekarang  ini termasuk bagian Oracle dan dirilis pada tahun 1995. Bahasa ini banyak menilik sintaks pada C dan C++, namun dengan model objek yan glebih sederhana.

Karakteristik Java


Java memiliki beberapa karakteristik, diantaranya :
  • Bahasa yang Sederhana. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, Bahasa pemrograman java ini mirip dengan C dan C++ namun pada sintaks java ini, sudah banyak yang diperbaiki dan terutama untuk menghilangkan penggunaan pointer yang rumit. 
  • Berorientasi Objek. Yang membuat Bahasa pemrograman ini modular adalah karena java dibuat berorientasi objek sehingga dapat dipergunakan kembali. Berorientasi objek seperti dunia nyata untuk melakukan interaksi antar objek – objek tersebut.
  • Terditribusi. Dengan adanya libraries networking, maka java dapat membuat aplikasi terdistribusi dengan sangat mudah yang sudah terintegrasi pada java.
  • Interpreted. Dengan adanya java virtual machine, maka source code pada java telah dikompilasi menjadi java byte codes yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda.
  • Robust. Pada java memiliki kemampuan untuk mendeteksi error secara lebih teliti, dan di java pun memiliki runtime-exception handling yang dapat membantu error pda pemrograman.
  • Secure. Karena Bahasa java ini untuk aplikasi tersidtribusi dan internet, maka memiliki aturan untuk menjaga aplikasi agar tidak merusak system computer yang menjalankan aplikasi tersebut.

Kelebihan Java


Berikut ini adalah bebrapa keunggulan yang dimiliki Bahasa pemrograman java , dintaranya :
  • Dapat dijalankan pada multi platform, dimana user dapat menuliskan program java agar dapat digunakan pada system operasi computer yang berbeda. Contohnya : Android, Linux, Windows.
  • Bahasa pemrograman ini termasuk yang tidak rumit dan tentu memiliki banyak fitur andalan, yang dapat memudahkan programmer dalam membuat program.
  • Pada Bahasa pemrograman ini pengumpulan sampah dapat dibuat secara otomatis, yang memudahkan programmer dalam pengaturan memori secara langsung.
  • Dengan adanya kemiripan pada Bahasa pemrograman C++, maka banyak programmer berpindah ke java ini.
  • Didalam pemrograman java, apabila programmer akan mengubah suatu class dengan menambahkan property maka tidak akan mengganggu class – class yang lainnya.

Kekurangan Java


Selain kelebihan yang telah kita bahas diatas, tentu Bahasa pemrograman ini memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut adaah kekurangan dari java :
  • Dikarenakan ada beberapa yang tidak mendukung diantara system operasi computer yang satu dengan yang lainnya , maka java terkadang kurang Kompatible.
  • Bahasa java ini mudah di dekompilasi, yang disebabkan kode yang terdapat pada java yang menyimpan banyak atribut Bahasa. 
  • Pemrograman java ini membutuhkan memori atau tempat penyimpanan yang cukup besar dibandingkan dengan Bahasa pemrograman yang lainnya.

Demikian artikel yang dapat saya share, tentang Bahasa pemrograman java, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Saya harap artikel ini dapat membantu teman – teman sekalian. Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel