Pengertian, Jenis Dan Fungsi Gerbang Logika

Apa Yang Dimaksud Gerbang Logika?


Jika kita membahas tentang elektronika digital, maka tak lepas dari gerbang logika. Jadi apa yang dimaksud gerbang logika? Apa saja jenis – jenis gerbang logika dan fungsi gerbang logika?

Gerbang logika merupakan suatu piranti yang terdiri dari beberapa masukan (input) dan hanya memiliki satu keluaran (output). Masukan (input) dan juga keluaran (output) gerbang logika harus bernilai 1 atau 0.
Terdapat 7 gerbang logika, 3 diantaranya adalah gerbang logika dasar dan 4 lainnya merupakan gerbang logika turunan. 



Fungsi Gerbang Logika


Jika digabungkan maka gerbang logika akan membentuk suatu piranti canggih seperti flip-flop, register, multiplekser, dan bahkan computer. Semua peralatan digital pada dasarnya adalah bentuk terbentuk dari gabungan gerbang logika yan gberjumlah puluhan, ratusan, bahkan jutaan gerbang logika. Setelah kita memahami tentang apa yang dimaksud gerbang logika selanjutnya kita akan bahas tentang jenis – jenis gerbang logika :

Berikut Adalah Jenis – Jenis Gerbang Logika


Gerbang Logika Dasar


Gerbang logika dasar memiliki 3 jenis gerbang, yang termasuk dalam kedalam jenis gerbang dasar adalah :
  • Gerbang AND
Gerbang AND akan berlogika 1 apabila semua masukan berlogika 1, jika semua atau per-salah satu masukannya berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0.


A.B.Y (ekspresi Boolean AND)
  • Gerbang OR
Gerbang ini akan berlogika 1 apabila salah satu atau semua inputan yang dimasukkan bernilai 1 dan jika keluaran berlogika 0 maka inputan yang dimasukkan harus bernilai 0 semua.


A+B=Y (Ekspresi Boolean OR)
  • Gerbang NOT
Gerbang ini memiliki fungsi sebagai pembalik (inverter), yang outputnya akan bernilai terbalik dengan inputnya.



Gerbang Logika Turunan


Gerbang logika turunan adalah gerbang logika yang disusun dari beberapa gerbang logika dasar. Dari ke tiga gerbang tersebut diatas dapat diturunkan lagi menjadi gerbang :
  • Gerbang NAND
Gerbang NAND adalah hasil penggabungan antara gerbang NOT dan gerbang NAND. Cara cepat supaya dengan mudah mengingat tabelnya adalah dengan pernyataan berikut : Gerbang NAND menghasilkan ouput 0 jika inputannya mempunyai logika 1.


  • Gerbang NOR
Gerbang NOR adalah gerbang logika yang keluaran (ouput) 1 jika semua masukan (input) bernilai 0, dan outputnya akan bernilai 0 jika semua atau salah satu inputannya berlogika 1. Secara singkat, sama halnya dengan gerbang AND, output NOR merupakan kebalikan output gerbang OR, cuku kita mengingat gerbang OR lalu membaliknya.


  • Gerbang XOR
Adalah kepanjangan dari Exclusive OR , pada gerbang ini keluaran (outputnya) akan berlogika 1 apabila inputannya berbeda, namun jika semua inputannya sama maka outoutnya 0.


  • Gerbang XNOR
Gerbang XNOR Exclusive NOR merupakan gerbang XOR yang dibalik (inverted). yang keluaran (outputnya) akan berlogika 1 jika semua inputannya sama, apabila inputannya berbeda maka outputnya berlogika 0.


Dan variable input danoutput pada gerbang logika hanya memiliki 2 keadaan. 2 level ini dapat dilambangkan diantaranya :
  • 1 dan 0
  • HIGH (tinggi) dan LOW (rendah)
  • TRUE (Benar) dan False (Salah)
  • ON (Hidup) dan OFF (Mati)
Gerbang logika kebanyakan digunakan unutk system elektronika digital dengan mengguakan komponen elektronika seperti integrated circuit (IC) , transistor, relay, diode, optic maupun elemen mekanikal. 

setelah kita mengetahui pengertian dan jenis – jenis gerbang logika. Sekarang kita akan bahas kegunaan dari gerbang logika itu sendiri. Berikut adalah kegunaan gerbang logika :
  • Gerbang logika dapat membuat kunci rahasia, contohnya adalah dapat kita letakkan pada kunci sepeda motor atau mobil
  • Gerbang logika dapat dimanfaatkan untuk membuat system keamanan. Contohnya untuk membuat alarm darurat.
  • ALU atau aritmatic logic unit merupaka suatu rangkaian gerbang logika yang mampu melakukan operasi perhitungan bilangan biner.
Nahh,.. Kita sudah mengetahui pengertian, jenis – jenis, dan juga kegunaan dari Gerbang logika.  demikian artikel tentang Gerbang Logika yang dapat saya share, semoga membantu teman – teman semua.

0 Response to "Pengertian, Jenis Dan Fungsi Gerbang Logika"

Post a Comment