Pengertian Beserta Fungsi PHP Dan Sejarah PHP Yang Perlu Diketahui

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, suatu website merupakan hal yang tidak asing lagi untuk didengar. Website ini cepat sekali popular diakarenakan kemudahan yang didapat untuk membantu pengguna dalam memperoleh informasi. Namun apakah anda tahu suatu website dibangun dengan apa, dan bagaimana ?. Tentu saja anda perlu sebuah Bahasa pemrograman.


Ada beberapa Bahasa pemrograman yang dapat kita pakai untuk membangun suatu  website, antara lain, HTML, dan PHP. Dengan adanya bahsa pemrograman terssebut anda sudah bisa membuat sebuah website yang anda inginkan, dan tinggal dipercantik lagi dengan adanya CSS.

Pengertian PHP


Bagi yang sudah sudah banyak berkecimpung dalam dunia website tentu sudah tidak asing lagi dengan kata PHP. PHP merupakan Bahasa pemrograman yang sudah digunakan secara luas untuk pembuatan sebuah website dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.  Bahasa pemrograman ini juga bersifat gratis dan juga open source.

Pada Bahasa pemrograman PHP ini, banyak sekali yang sudah diterapkan untuk pembuatan program – program tertentu, seperti website rumah sakit, manajemen asset perusahaan, informasi klinik, dan lain sebagainya. Yang dahulunya jika program hanya untuk desktop tetapi saat ini Bahasa pemrograman PHP sudah dapat mengerjakannya.

Fungsi PHP Didalam Web


Dalam pembuatan sebuah website, Bahasa PHP ini bukanlah Bahasa yang harus digunakan. Anda bisa saja hanya menggunakan HTML dan CSS. Namun jika menggunakan HTML dan CSS saja, maka website tersebut bersifat statis.

Jika website dinamis yang dibuat dengan Bahasa pemrograman PHP adalah website yang dapt menyesuaikan tampilan dengan situasi. Kelebihan website dinamis lainnya adalah dapat menyimpan data ke database yang telah dibuat dan dapat menyesuaikan atau berubah – ubah sesuai input dari pengguna itu sendiri. Didalam pembuatan website , coding PHP biasanya simasukkan kedalam HTML, inilah mengapa Bahasa PHP disebut Scripting Language.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman PHP?


Didalam Setiap Bahasa pemrograman pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, berikut akan dijelaskan satu – persatu  :

  • Mudahnya konfigurasi PHP dikarenakan banyak web server yang mendukung diantaranya apache, IIS, Nginx.
  • Banyaknya developer yang menyebabkan mudahnya pengembangan Bahasa pemrograman PHP.
  • Jika anda seorang pemula, maka sangat disarankan untuk belajar PHP, dikarenakan relative mudah untuk dipelajari, terlebih banyaknya materi –materi atau yang membahas masalah PHP ini.
  • Sangat cocok jika anda menginginkan sebuah website yang dinamis.
  • Karena sifatnya yang open source , maka Bahasa pemrograman ini dapat digunakan pada banyak system operasi computer.

Kekurangan Bahasa pemrograman PHP :

  • Dari segi keamanan, PHP termasuk kurang baik, sehingga seoran gprogrammer harus benar – benar memperhatikan keamanan dari website yang telah dibuat.
  • Untuk pembuatan program yang berskala besar kurang begitu cocok.
  • Untuk encoding kode PHP termsuk mahal, dikarenakan programmer membutuhkan tool atau alat tertentu.

Jenis atau Tipe data PHP


Berikut akan saya jelaskan beberapa tipe data yang sering digunakan dalam PHP, antara lain :
  • String : Tipe data yang isinya berupa karakter, yang berupa teks, atau kata.
  • Float : Yang biasanya menggunakan koma(,) tetapi didalam pemrograman bukan menggunakan koma tetapi titik (.).
  • Integer : Merupakan bilangan bulat, dimana tipe data ini sering digunakan untuk yang berkaitan dengan bilangan bulat.
  • Array : Array ini merupakan tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data itu sendiri.
  • Objek : Tipe data ini berupa fungsi, maupun variable. Tipe data ini untuk memudahkan seorang programmer, sehingga pembuatan script dapat diringkas.
  • Boolean : Tipe data ini hanya memiliki nilai true atau false. Yang berarti dapat digunakan untuk pembuatan logika, jika programmer menggunakan if atau looping.
Kesimpulan yang dapat diambil , bahwa PHP merupakan Bahasa pemrograman yang berguna untuk membuat sebuah web dinamis, walaupun dapat juga untuk membuat sebuah program computer lainnya. Seperti yang sudah kita bahas diatas, banyak tipe data yang dapat digunakan dalam pembuatan sebuah website, contohnya adalah String, Boolean, Array, Objek.

Baca juga: pengertian bahasa pemrograman dan jenis-jenis nya

Baiklah teman – teman, Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bahasa Pemrograman PHP, mudah – mudahan penjelasannya dapat dipahami, serta dapat bermanfaat juga bagi pembaca. 

0 Response to "Pengertian Beserta Fungsi PHP Dan Sejarah PHP Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment