Organisasi processor pada komputer dan fungsinya


Hallo teman-teman kali ini kita akan membahas tentang organisasi processor pada sebuah komputer, apakah kalian tau saat sebuah komputer memunculkan perintah yang kita intruksikan itu maka komputer tersebut memprosesnya dengan cepat, padahal prosesnya sangat rumit sekali, tetapi komputer tersebut dapat memunculkan intruksi dengan cepat.



Maka kali ini kita akan membahas tentang organisasi processor pada komputer, apa saja sih yang dilakukan komputer pada saat kita memberi intruksi kepada komputer tersebut.

Inti dari komputer adalah CPU atau yang sering disebut dengan processor. CPU berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer/tingkat kecerdasan dari komputer atau pusat semua proses yang terjadi pada komputer.


Bagian-bagian pada processor


1. Control Unit


Control untuk fungsinya untuk mengatur antrian data dan intruksi serta mengontrol proses pada CPU sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam sistem komputer.


2. Arithmetic Logic Unit (ALU)


AKU berfungsi untuk melakukan pengolahan data pada komputer. Di dalam bagian ALU, CPU akan mengoperasikan setiap data sesuai logika aritmatika berdasarkan intruksi-intruksi yang diberi namanya untuk dapat memberikan intruksi pada ALU diperlukan sebuah bahasa mesin atau machine language agar intruksi dapat mudah dikerjakan. Ada dua bagian penting pada ALU yaitu unit aritmetika (untuk bertugas pada operasi aritmetika) dan unit logika (bertugas melakukan proses logika).


3. Registers


Registers merupakan jenis memori berkapasitas kecil, tetapi memiliki kecepatan yang tinggi dalam struktur CPU sebagai penyimpanan data sementara baik, saat akan terjadi proses, ketika proses terjadi maupun setelah proses dilakukan.


4. CPU interconnection


CPU interconnection merupakan sistem busuk yang terdapat dalam internal CPU. Fungsi nya untuk menghubungkan setiap bagian atau unit dalam CPU seperti CU, ALU maupun register agar dapat terkoneksi satu sama lain, bahkan terkoneksi juga dengan external device.



Nah itu adalah bagian-bagian dari processor dan kegunaannya, sebuah processor untuk memunculkan perintah yang kita inginkan itu ada prosesnya dulu tidak langsung muncul, tetapi proses nya juga sangat cepat tergantung juga dari kecepatan dari processor tersebut.


Saat ini processor pada komputer baru ada 2 jenis yaitu intel dan AMD, kedua nya juga sama-sama bagus tetapi masing-masing juga punya kelemahan dan kelebihan nya masing-masing. Perusahaan processor yang pertama kali ada yaitu intel, lalu yang kedua yaitu AMD.


Perbedaan processor intel dan AMD


Intel:
1. Harga lebih mahal dari AMD
2. Tidak ada VGA onboard/internal
3. Intel tidak mudah panas
4. Intel paling tertinggi Intel I9
Banyak sekali jenis-jenis dari Intel misalnya Pentium, i3, i5, i7, dan yang terbaru i9

AMD:
1. Harga lebih murah dari Intel (tergantung jenisnya).
2. Terdapat VGA onboard ada juga yang harus menggunakan VGA eksternal.
3. Mudah panas (processor seri lama)
4. Generasi tertinggi nya yaitu theadrepher
Jenis-jenis processor AMD seri A, seri fX, Ryzen, theadreaper.

Baca juga: pengertian media penyimpanan dan jenis-jenisnya

Terimakasih sudah membaca artikel dari saya semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah. Biar kita sharing-sharing tentang apa yang kita tahu, apabila ada kata atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan.


Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Response to "Organisasi processor pada komputer dan fungsinya"

Post a Comment