Struktur program bahasa Pascal, script pemrograman pascal sederhana


Hallo guys kali ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman pascal. Baca aja ya sampai habis pembahasan kali ini.

Dikutip pada Wikipedia.org Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dibuat Profesor Niklaus Wirth. seorang anggota International Federation of Information Processing pada tahun 1971

sumber: pixabay.com

Struktur pemrograman pascal


1. Judul program


Judul adalah penanda yang mengidentifikasi sebagai nama program tersebut yang menjelaskan mengenai fungsi dan proses yang dikerjakan oleh program.
Format umum: Program nama_program;
Contoh : Program belajar_pascal
Pemberian judul nama program sebaiknya singkat, jelas dan dapat memberikan gambaran keseluruhan tentang pekerjaan apa yang akan dikerjakan.


2. Deklarasi program


Deklarasi program terdapat pada Bagian bawah judul program yang berfungi untuk mendefinisikan, atau setiap objek yang akan digunakan pada bagian program.

Baca juga: manfaat dari bahasa pemrograman java

Berikut adalah sintaks yang sering digunakan: 

a. Uses
Digunakan untuk menentukan jenis unit library yang kelak akan kita panggil fungsinya pada bagian program. Unit yang dideklarasikan biasanya mengandung konstanta, tipe data, variabel, procedure dan function. Jenis unit yang tersedia dalam compiler Pascal mampu mendukung terhadap pemrograman objek dan grafis, seperti system Dos, crt, Windos, printer, graph 3,graph, Turbo 3, overlay, win crt dan string.
Cara pemanggilan unit : Uses nama_unit;
Contoh : Uses Crt;

b. Label
Digunakan untuk penanda dalam badan program sebagai tanda untuk melakukan lompatan ke sebuah baris kode program tertentu yang didahului dengan sintaks go to.

c. Const
Const merupakan sejenis variabel yang memiliki nilai data bersifat tetap, tidak bisa menginput kan nilai data menggunakan keyboard. Apabila ingin merubah nya maka yang dirubah nya yaitu pada script program tersebut.


Contoh script konstanta


Program menampilkan_nama;
Uses crt;
const
         nama='M.Lutfin';
begin
         clrscr;
         writeln('nama saya adalah : ',nama');
         readln;
end.

Nah diatas merupakan contoh script sederhana dari mendeklarasikan konstanta, pada script diatas setelah const kita menulis program yang akan kita panggil, maka nilai data yang keluarnya adalah nama saya adalah: M.Lutfin kenapa yang muncul nya itu? Karena diatas kita sudah menentukan nilai data apa yang kita panggil. Jika kalian belum mengerti silahkan kalian komen dibawah atau hubungi pada contact us, bisa lewat Facebook saya atau e-mail.

d. Variabel
Variabel terdiri atas satu atau lebih karakter dengan ketetapan tipe data tertentu. Pada variabel kita bisa menginput kan nilai data yang akan kita tulis. Lihat contoh script di bawah.

Contoh script variabel


Program menampilkan_nama;
uses crt;
var nama: string;
Begin
         clrscr;
         write('nama saya adalah: ') ;
         readln;
end.

Pada script tersebut nilai data yang munculnya adalah nama: pada variabel kita bisa menginput kan tanpa harus mengganti pada script, pada variabel kita bisa langsung menulis nama nya. Misalnya nama: M.Lutfin nah kita bisa langsung memasukkan nama kita, tidak harus balik lagi ke script program.


contoh script pemrograman pascal sederhana

program belajar_pascal;
uses crt;
begin
        clrscr;
        write('mudah belajar pascal pascal');
        readln();
end.


Nah itu adalah contoh sederhana dari script pascal, kalian bisa mencoba nya dirumah. Tinggal kalian download saja aplikasi nya di PlayStore jika kalian menggunakan android.

Baca juga: pengertian bahasa pemrograman dan jenis-jenis nya

Terimakasih sudah membaca artikel dari saya semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah. Biar kita sharing-sharing tentang apa yang kita tahu, apabila ada kata atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan.

Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

4 Responses to "Struktur program bahasa Pascal, script pemrograman pascal sederhana"