IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Pengertian, fungsi, dan macam-macam media penyimpanan pada komputer


Pada komputer terdapat juga media penyimpanan yang peran nya sangat penting pada komputer, jika tidak ada penyimpanan maka komputer kalian tidak akan bisa menyimpan/save data yang akan kalian simpan pada komputer kalian. 5 Keybord gaming murah meriah

jenis-jenis media penyimpanan


Banyak sekali manfaat bagi kita media penyimpanan pada komputer dan ada banyak jenis-jenis media penyimpanan pada komputer. Keybord gaming dan terbaik

Kalian simak saja pembahasan dibawah ini, siapa tau artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Langsung saja ke pembahasannya berikut ini. 

Fungsi media penyimpanan


Sudah dikatakan diatas bahwa media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data-data yang akan kalian simpan pada komputer. Bayangkan jika pada komputer kalian tidak ada penyimpanan maka percuma kalian mempunyai komputer apabila kalian tidak bisa menyimpan data-data yang mau kalian simpan.


Pengertian media penyimpanan


Media penyimpanan adalah alat penyimpanan data yang berfungi sebagai alat/media untuk menyimpan data dan program. Agar data dan program tersebut dapat dibuka dan dibaca kembali berulang-ulang pada komputer/laptop.
Pada media penyimpanan komputer banyak sekali jenis-jenis nya yaitu:


Jenis-jenis media penyimpanan


1. Media penyimpanan magnetik


Media penyimpanan magnetik adalah penyimpanan sekunder yang banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Contohnya floppy disk, hardisk eksternal, hardisk internal, flashdisk, MMC (Memory Card), zip drive, dan masih banyak lagi.


2. Media penyimpanan optikal


Optikal disk adalah media penyimpanan elektronik yang dapat ditulis dengan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah. Contohnya pada CD, CD-Rom, CD-R (read), CD-RW (Read Write), dan DVD.

Baca juga : macam-macam perangkat komputer dan fungsinya

3. Media penyimpanan awan (cloud storage)


Media penyimpanan awan adalah media penyimpanan data yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja oleh para pengguna nya melalui jaringan terintegrasi dan terhubung pada jaringan internet.  Contohnya pada Google Drive, blogspot, YouTube (biasanya berupa video), Facebook, E-mail, dan masih banyak lagi.


Media penyimpanan terbagi menjadi 2 yaitu:


1. Media penyimpanan Internal


Media penyimpanan internal adalah memori yang sudah tertanam atau sudah ada di dalam komputer dan juga media penyimpanan dapat langsung diakses oleh processor untuk di proses datanya agar dapat disimpan pada komputer. Contoh memori internal yaitu ROM dan RAM.


2. Media penyimpanan eksternal


Media penyimpanan eksternal adalah memori tambahan yang terdapat diluar komputer yang fungsinya untuk menyimpan data dan program pada komputer. Contoh diantaranya yaitu flashdisk, MMC (Memory Card), hardisk eksternal, dan lain-lain.


MACAM-MACAM MEDIA PENYIMPANAN DATA CARA KEDUA

1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Penyimpanan magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk dalam penyimpanan sekunder yang paling banyak digunakan pada sistem komputer modern.

Kekuatan dan kelemahan
Kelebihan: Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya, bahkan mencapai Petabytes dan kecepatan akses data yang tinggi.
Kelemahan: Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain.

Cara kerja: (Hanya sedikit) Saat disc digunakan, penggerak motor berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada kepala baca-tulis yang ditempatkan di permukaan piring. Permukaan disk terbagi menjadi beberapa track yang masih terbagi menjadi beberapa sektor. Fixed head disc memiliki satu head untuk setiap track, sedangkan moving head disc (atau sering disebut hard disk) hanya memiliki satu head yang harus dipindahkan untuk mengakses dari satu track ke track lainnya.


Macam-macam media dari Magnetik Disk :

DISKET

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa dibaca (read-only), sehingga ketika disimpan data tidak bisa diubah atau dihapus. Ukurannya 8 inci dan dapat menyimpan sekitar 80kB data. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, dia memiliki kemampuan yang bisa ditulis. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir sebuah disk dengan ukuran 3 inchi yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB atau biasa disebut Zip disk.

HARDDISK

Hard disk merupakan jenis floppy disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluarkan sebagai floppy disk. Umumnya terbuat dari logam padat berupa piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih dari satu disk atau pelat yang dilapisi dengan oksida besi. Cara menyimpan data hampir sama dengan floppy disket. Material hard disk dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar juga membedakannya dengan floppy disket, yang materialnya relatif elastis.

FLASHDISK

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini dapat dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran mulai dari 50 x 15 x 6 mm. Bahkan kini ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga 1 TB.

MEMORY CARD

Media penyimpanan yang banyak digunakan pada komputer dan peralatan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipods dan video gam console

ZIP DRIVE

Ini adalah media penyimpanan magnetik dengan kepala yang sangat kecil dan dapat menampung hingga 750 MB data. Format ini menjadi yang paling populer dari produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan disk Zip, dan perekam Zip-650 atau Zip-CD internal dan eksternal dijual dengan nama merek Zip.

2. Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Penyimpanan optik adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca menggunakan laser berdaya rendah.

Kekuatan dan kelemahan
Kelebihan: Beratnya lebih ringan daripada beberapa media penyimpanan Magnetic Disk.
Kelemahan: Kapasitas memory lebih kecil dari Magnetic Disk dan jika tergores ada resiko datanya tidak akan terbaca.
Cara kerja: Media penyimpanan berputar sangat cepat (rotasi ini mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optik pada perangkat pembacaan.

CD

CD (compact disk) atau laser optical disk adalah jenis disk optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada disk ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses disket optik jauh lebih tinggi daripada kecepatan akses disket. Di pasaran setidaknya terdapat tiga macam optical disc yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

WORM

CD-WORM, singkatan dari Write sekali baca banyak, bisa ditulis di komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bisa dilakukan satu kali. Setelah merekam, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, gambar draft, lagu dan lain-lain untuk keperluan backup. CD ini sering dijual sebagai label CD-R atau CD-Recordable.

DVD (Digital Video Disc)

DVD adalah generasi berikutnya dari teknologi penyimpanan yang menggunakan media cakram optik. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, hingga 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak digunakan oleh perusahaan musik dan film besar, menjadikannya produk elektronik terpopuler dalam 3 tahun sejak pertama kali diperkenalkan. Perkembangan teknologi DVD-ROM juga lebih cepat dari CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan kecepatan transfer data rata-rata 1.321 MB / s dengan kecepatan transfer rata-rata 12 MB / s.

3. Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cloud storage merupakan media yang masih tergolong baru, media ini sudah online dan belum menggunakan kapasitas memori data pada perangkatnya karena menggunakan penyimpanan di internet.

Kekuatan dan kelemahan
Kelebihan: Tidak membutuhkan perangkat untuk menyimpan data.
Kelemahan: Sering terjadi kesalahan server dengan risiko kehilangan data dan akses koneksi data.
Cara kerja: Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengupload file dan untuk mengambil data tersebut kita harus mendownload file tersebut.

Itu adalah pengertian, fungsi dan macam-macam media penyimpanan. Gimana? Media penyimpanan sangat penting sekali buat komputer kan? Karena jika tidak ada penyimpanan maka kalian tidak bisa menyimpan data dan program.

Terimakasih sudah membaca artikel dari saya semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah. Biar kita sharing-sharing tentang apa yang kita tahu, apabila ada kata atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan.

Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Kata kunci terkait :


jenis-jenis media penyimpanan
menentukan jenis media penyimpanan data magnetic/optikal
sebutkan 4 media penyimpanan pada komputer
jenis penyimpanan pc
berikut contoh media penyimpanan digital adalah
media penyimpanan data pada komputer yang bersifat portable adalah
penyimpanan data digital
yang termasuk media penyimpanan adalah kecuali

4 Responses to "Pengertian, fungsi, dan macam-macam media penyimpanan pada komputer"

  1. Makasih mas informasinya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. ada yang kurang dalam pembahasan ini yaitu media penyimpanan yang menggunakan teknologi flash yaitu SSD, tapi pembahasan artikel diatas cukup bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya lupa, SSD memang di zaman sekarang sangat penting sekali. Kecepatan nya lebih cepat dari pada harddisk

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel