Pengertian, fungsi, dan macam-macam media penyimpanan pada komputer


Pada komputer terdapat juga media penyimpanan yang peran nya sangat penting pada komputer, jika tidak ada penyimpanan maka komputer kalian tidak akan bisa menyimpan/save data yang akan kalian simpan pada komputer kalian.

jenis-jenis media penyimpanan


Banyak sekali manfaat bagi kita media penyimpanan pada komputer dan ada banyak jenis-jenis media penyimpanan pada komputer. 

Kalian simak saja pembahasan dibawah ini, siapa tau artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Langsung saja ke pembahasannya berikut ini.


Fungsi media penyimpanan


Sudah dikatakan diatas bahwa media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data-data yang akan kalian simpan pada komputer. Bayangkan jika pada komputer kalian tidak ada penyimpanan maka percuma kalian mempunyai komputer apabila kalian tidak bisa menyimpan data-data yang mau kalian simpan.


Pengertian media penyimpanan


Media penyimpanan adalah alat penyimpanan data yang berfungi sebagai alat/media untuk menyimpan data dan program. Agar data dan program tersebut dapat dibuka dan dibaca kembali berulang-ulang pada komputer/laptop.
Pada media penyimpanan komputer banyak sekali jenis-jenis nya yaitu:


Jenis-jenis media penyimpanan


1. Media penyimpanan magnetik


Media penyimpanan magnetik adalah penyimpanan sekunder yang banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Contohnya floppy disk, hardisk eksternal, hardisk internal, flashdisk, MMC (Memory Card), zip drive, dan masih banyak lagi.


2. Media penyimpanan optikal


Optikal disk adalah media penyimpanan elektronik yang dapat ditulis dengan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah. Contohnya pada CD, CD-Rom, CD-R (read), CD-RW (Read Write), dan DVD.


3. Media penyimpanan awan (cloud storage)


Media penyimpanan awan adalah media penyimpanan data yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja oleh para pengguna nya melalui jaringan terintegrasi dan terhubung pada jaringan internet.  Contohnya pada Google Drive, blogspot, YouTube (biasanya berupa video), Facebook, E-mail, dan masih banyak lagi.


Media penyimpanan terbagi menjadi 2 yaitu:


1. Media penyimpanan Internal


Media penyimpanan internal adalah memori yang sudah tertanam atau sudah ada di dalam komputer dan juga media penyimpanan dapat langsung diakses oleh processor untuk di proses datanya agar dapat disimpan pada komputer. Contoh memori internal yaitu ROM dan RAM.


2. Media penyimpanan eksternal


Media penyimpanan eksternal adalah memori tambahan yang terdapat diluar komputer yang fungsinya untuk menyimpan data dan program pada komputer. Contoh diantaranya yaitu flashdisk, MMC (Memory Card), hardisk eksternal, dan lain-lain.


Itu adalah pengertian, fungsi dan macam-macam media penyimpanan. Gimana? Media penyimpanan sangat penting sekali buat komputer kan? Karena jika tidak ada penyimpanan maka kalian tidak bisa menyimpan data dan program.

Terimakasih sudah membaca artikel dari saya semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah. Biar kita sharing-sharing tentang apa yang kita tahu, apabila ada kata atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan.

Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

4 Responses to "Pengertian, fungsi, dan macam-macam media penyimpanan pada komputer"

  1. Makasih mas informasinya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. ada yang kurang dalam pembahasan ini yaitu media penyimpanan yang menggunakan teknologi flash yaitu SSD, tapi pembahasan artikel diatas cukup bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya lupa, SSD memang di zaman sekarang sangat penting sekali. Kecepatan nya lebih cepat dari pada harddisk

      Delete