IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir-Salah satu aplikasi terbaik untuk mengajak siswa hadir secara online adalah dengan Google Kelas. Jika selama ini membuat absensi siswa menggunakan aplikasi Google Forms, kali ini saya akan membuat materi tentang cara absensi di Classroom. Caranya sangat mudah dan simpel, yang penting anda sudah membuat kelas online di Google Classroom terlebih dahulu. Jika Anda belum membuat kelas online, silakan baca tutorial lengkap di bawah ini.


Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir


Absensi siswa harus dilakukan oleh guru untuk memantau kehadiran siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar secara online dan offline. Guru atau wali kelas selalu siap absen setiap masuk kelas. Jika dalam satu semester jumlah pertemuan tatap muka dengan siswa sebanyak 18 kali, guru juga harus memeriksa kehadiran siswa sebanyak 18 kali. 

Baca Juga : Cara menambah like instagram tanpa aplikasi dengan mudah

Karena saat ini proses pembelajaran dilakukan secara online, maka otomatis guru harus hadir secara online selama proses pembelajaran online. Absensi online ini merupakan solusi untuk pengecekan absensi siswa secara online pada saat pengajar menyampaikan materi dan tugas untuk proses pembelajaran online.

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, salah satu aplikasi untuk membuat absensi online saat pembelajaran jarak jauh (online) adalah Google Classroom. Alternatif lain jika ingin melakukan absensi online bisa menggunakan aplikasi berikut ini, seperti :

-Google Formulir

-Software Sleekr

-Software KaryaONE

-Perangkat Lunak Hadir

-Software Bakat

-Perangkat lunak Smart Presence

-Software Waktu

Selain Google Forms, software timesheet di atas lebih cocok untuk perusahaan yang menggunakan sistem bernama Cloud. Sistem ini merupakan gabungan antara penggunaan teknologi komputer dan pembangunan berbasis internet.

Baca Juga : Cara menghitung jumlah kata di Android tanpa menggunakan aplikasi

Cara Pertama: Membuat Absensi Online di Google Classroom:

Jika Anda belum membuat Kelas, buat yang pertama. Jika Anda telah membuat Kelas, masuk melalui setiap akun email,

Pilih Google Kelas, lalu pilih menu Tugas Kelas, lalu pilih buat, klik tanda (+)

Kemudian pilih “Topik” buat Topik Baru dengan judul: Abses kelas VII, lalu klik Tambah. Pentingnya membuat topik di Classroom dengan memperhatikan klasifikasi materi yang diberikan kepada siswa. Topik ini sama dengan label atau kategori.

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir

Kembali ke cara semula, klik create (+) pilih "question" (pertanyaan).
Pada soal beri judul, misal Absen Bahasa Arab Senin 29 Juli 2020. Kemudian pada Instruksi (Pilihan) isikan informasinya, misal: Mohon isi absensi sesuai jadwal kursus online !!!

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir

Kemudian pada pilihan "Short Answer" ganti dengan "Multiple Choice"
Dalam tipe opsi kehadiran dengan opsi kehadiran, izin atau penyakit sesuai dengan asumsi kehadiran siswa. Untuk alpha tidak perlu dimasukkan karena siswa yang alpha artinya tidak absen online.
Pada menu "untuk". Pilih kelas tempat lembar waktu akan didistribusikan. Karena disini kita hanya membuat absensi siswa (bukan materi & tugas) mengganti 100 poin dengan memilih "tidak dinilai".
Dalam mengatur batas waktu, silahkan atur tanggal dan waktu sesuai dengan jadwal pelajaran online yang telah ditentukan. Misalnya deadline (batas waktu absen) adalah 27 Juli 2020 sampai dengan pukul 14.00 WIB
Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir


Kemudian pada menu Topik masukkan "Absensi Mahasiswa" sesuai topik di awal. Judul topik di sini berfungsi untuk mengelompokkan poin-poin pada topik utama. Misalnya topik “Absensi Mahasiswa” yang berisi seperti: 1, 2, 3, 4 dan seterusnya tentang Absensi Bahasa Arab. Sesuaikan saja dengan subjek masing-masing.

Kemudian klik "Tanya" untuk memposting ketidakhadiran siswa di menu forum. Ada beberapa pilihan untuk dipilih seperti, Jadwalkan, simpan draf dan hapus draf. Untuk pilihan jadwal, hari dan tanggal kehadiran dapat ditentukan sesuai jadwal pengajaran online.
Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir
Untuk mengecek apakah absensi online yang dibuat oleh guru sudah dikirim ke siswa atau belum? Cara membuka akun Google Kelas siswa dan memeriksa menu forum. Kemudian akan muncul postingan terbaru berupa absensi siswa yang telah dibuat oleh guru. Kemudian klik postingan siswa tersebut

Kemudian pilih menu "Pertanyaan". Pada tahap ini, silakan periksa opsi kehadiran setiap siswa seperti: kehadiran, izin atau penyakit, lalu serahkan ke guru.

Cara Mudah Membuat Absensi Siswa (Daring) di Google Classroom dan Google Formulir
Kembali ke Google Classroom guru, lalu periksa menu forum yang telah dihadiri siswa. Periksa berdasarkan urutan nama siswa
Untuk melakukan absensi lainnya, lakukan cara di atas.

Itulah materi hari ini tentang Cara Membuat Kehadiran Siswa (Online) di Google Classroom dan Google Formulir. Untuk materi tentang Google Formulir dan Kelas, harap minta. Semoga bermanfaat, Aamiin

Source : cariduit-dot,blogspot,com



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel