IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

5 Prinsip Desain Grafis dan contohnya.

5 Prinsip Desain Grafis dan contohnya.Apa sih Prinsip desain grafis itu? membahas tentang prinsip pasti panjang lebar guys, namun kalau membahas segi definisi dari prinsipe, menurut mimin adalah sebuah objek atau benda yang di jadikan pedoman, maupun personal dan sekelompok.

matawebsite.com
Desain sendiri apa menurut kalian guys?
menurut mimin, desain adalah proses untuk membuat objek/benda baru atau inovasi.
kalau sudah ada di kembangkan lagi apakah desain? Nah, menurut mimin itu kategori Re Design guys. simak terus tentang prisnsip desain guys, agar kalian terus menciptakan produk yang baru dan tidak hanya re design terus hehe, prinsip desain pertama adalah
5 Prinsip Desain Grafis dan contohnya.

Unity - Kesatuan

Merupakan salah satu prinsip dasar desain grafis yang sangat penting, tidak adanya kesatuan dalam segi desain maka hasilnya akan bercerai berai dan tidak akan nyaman di pandang, prinsip sesunguhnya adalah prinsip hubungan dimana didalamnya ada (warna,raut,arah dan lain-lain)

jagodesain.com
Balance-Keseimbangan

Pertama, Keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen-elemen agar merata kebagian kanan-kiri dan ke pusat.
Kedua Keseimbangan asimetris-pengaturan yang berbeda dari dengan berat benda yang sama disetiap sisi halamanya,warna,ukuran,bentuk , tekstru itu semua digunakan dalam unsur balance.

jagodesain.com
Proportion-Proporsi

Yaitu keserasian sebuah karya, atau membandingkan karya dari orang lain agar bisa menghasilkan desain yang serasi.Seperti hadirnya warna cerah yang diletakkan pada bidang yang sempit, dan proporsi juga bisa di jangkau dengan menunjukan hubungan antara suatu elemen ke elemen lainya.

jagodesain.com
Rhytm-Irama

Pengulangan gerak literatur yang terus menerus, dalam bentuk benda kita bisa mengambil contoh, akayak desain ilustrasi ombak- maka ombak ke berikutnya perlu adanya pengulangan, namun ukuran dan ilustrasi tetap berjalan sehinga irama tidak menoton.
jagodesain.com
Domination-Dominasi

dominasi adalah keungulan, merupakan sebuah sifat menarik perhatian konsumen,dan menghilangkan kebosenan dan untuk memecah keberaturan.

jagodesain.com
Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan kalian share artikel ini kepada teman-teman kalian agar mereka juga tahu tentang cara melihat 5 Prinsip desain dan contohnya.
Baca Juga : Prinsip tata letak desain grafis

Ruang positif dan negatif

Ruang positif adalah ruang tempat subjek utamanya berada dalam suatu komposisi desain. ini adalah titik fokus dalam satu unit desain.

Contoh di atas menunjukkan ruang hitam positif berupa vas bunga. itulah titik fokus atau bentuk yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda, bahwa ini adalah vas.

Berbeda dengan ruang negatif, ia merupakan kebalikan dari ruang positif.

Ruang negatif adalah area kosong dalam desain yang mengelilingi subjek yang lebih pasif dan didefinisikan sebagai tepi ruang positif di sekitarnya.

Pada contoh di atas, ruang negatif hitam berbentuk persegi mengelilingi subjek atau bisa dikatakan sebagai latar belakang. tetapi apakah Anda melihat bentuk ruang negatif? itulah dua bentuk wajah dari samping.

Sebagai kesimpulan, kita juga bisa memanfaatkan ruang negatif untuk memberi kesan dan makna tertentu pada sebuah komposisi. sebagai tempat peristirahatan bagi mata penonton ketika mereka dapat mengenali makna dari ruang negatif tersebut.

Ruang dua dimensi dan tiga dimensi

Ruang dua dimensi memiliki bentuk visual yang tampak datar atau tidak memiliki kedalaman, setiap mata yang melihatnya mempersepsikannya sebagai dua dimensi. hanya memiliki panjang dan lebar.

Pada contoh di atas, gambar dua dimensi tampak datar dibandingkan dengan gambar 3 dimensi. Padahal keduanya sama-sama di bidang yang sama. Itu karena tiga dimensi sudah diberi sentuhan kedalaman. Sentuhan ini bisa berupa warna terang ke gelap atau bayangan ke bayangan terang.

Cara Menggunakan Prinsip Desain

Sebuah desain tidak harus mengikuti prinsip desain di atas untuk menghasilkan desain yang sempurna. karena ada juga desain yang berkualitas, meski mengabaikan satu atau lebih prinsip desain.

Contoh sampul di atas adalah oleh Janet Hanson dalam sebuah buku berjudul "The Bed Moved" oleh Rebecca Shiff. ini adalah salah satu sampul paling populer di tahun 2016.

Apakah Anda pikir Anda melihat anomali? jika Anda melihat kata-kata "Theeb" maka dikatakan Pindah? yang terlihat acak dan tidak beraturan, keduanya jelas melanggar aturan Pergerakan dan Alignment desain.

Namun, karena keyakinan skema warna Kontras dan Repetitif dari huruf merah muda, mata kita sudah tertuju pada "Judul buku" dan "Penulis buku". coba buktikan sendiri.

Informasi itulah yang ingin disampaikan oleh desainer. Adapun keanehan yang kita lihat, itu adalah keberanian yang berguna dan revolusioner. sehingga banyak orang yang mempopulerkannya.

Elemen desain memang memainkan peran penting. Jika Anda mengerjakan sebuah proyek, pikirkan tentang beberapa prinsip yang ingin Anda gunakan untuk menangani keseluruhan bentuk. Setelah menguasai prinsip-prinsip desain, barulah kita bisa bebas melanggar beberapa aturan untuk menciptakan gaya kita sendiri.

Banyak yang suka mengabaikan ruang negatif, meski tetap bisa memberikan sesuatu yang artistik. 

Dan juga bantu saya untuk meng klik iklan yang ada di artikel ini agar lebih semangat lagi memberikan tutorial kepada kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terimakasih.

Kata Kunci :

desain grafis
desain grafis adalah
desain grafis percetakan
desain grafis online
desain grafis bukan desain gratis
desain grafis semarang
desain grafis terbagi menjadi dua yaitu
desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan
desain grafis mengenal dua macam tipe image yaitu bitmap dan vektor yang dimaksud tipe vektor adalah
desain grafis komputer yang terdiri dari deretan atau kumpulan titik-titik disebut grafik
desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction adalah

0 Response to "5 Prinsip Desain Grafis dan contohnya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel