Sistem Peredaran Darah Pada Manusia, dan kelainan pada sistem peredaran darah | www.lutfin.com

Assalamu'alaikum wr wb.



Sistem Peredaran Darah Pada Manusia- teman-teman kembali lagi dengan saya Lutfin dari Belajar Online, bagaimana dengan kabar kalian? Pasti baik-baik saja kan.


Langsung aja kita bahas apa yang akan dibicarakan, kali ini saya akan membahas tentang peredaran darah dan penyakit pada sistem peredaran darah.

Gambar. Pembuluh darah

Orang dewasa rata-rata memiliki hampir 5,5 liter darah dalam tubuhnya. Darah memiliki peran penting untuk mengalirkan oksigen, nutrisi, hormon, dan berbagai komponen penting lainnya untuk menjaga kesehatan Anda.Darah merupakan cairan yang terdapat dalam pembuluh darah.



Adapun alat peredaran darah yaitu:


1. Jantung, jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.
2. Pembuluh darah, berdasarkan arah mengalir darah, pembuluh darah dibedakan yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).
3. Peredaran darah, sistem peredaran darah ada menjadi dua macam, yaitu sistem peredaran darah tertutup dan sistem peredaran darah ganda.

Baca juga: cara menghitung jumlah kata di android

Adapun kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah yaitu:


1. Anemia merupakan kondisi kekurangan hemoglobin. Penyebab nya yaitu kehilangan darah, kekurangan produksi sel darah merah, dan terlalu banyak produksi sel darah merah dengan kadar hemoglobin rendah. Anemia menyebabkan berkurangnya transportasi oleh sel darah merah. Akibatnya merasa kurang tenaga dan sangat lelah, tampak pucat, serta bernafas dengan cepat dan pendek.

Gambar. Peredaran darah



2. Leukimia disebut juga kanker darah, yaitu keadaan dimana produksi sel darah putih tidak terkendali, sehingga memakan darah merah, akibatnya penderita penyakit ini kekurangan sel darah merah sehingga untuk mengatasinya harus sering cuci darah.


3. Varises merupakan pelebaran pembuluh vena di kaki.
4. Wasir merupakan pelebaran pembuluh vena di sekitar dubur.


5. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak yang mengakibatkan penyakit stroke, lumpuh sebagian, dan tidak dapat berbicara dengan jelas.


Gambar. Sel darah merah

6. Hemofilia meruapakan penyakit dimana darah sukar membeku, akibatnya jika terluka darah akan mengalir terus. Penyakit ini merupakan penyakit menurun.


7. Penyakit jantung, penyakit jantung yang paling cepat adalah tidak tercukupinya pasokan darah koronaria, kelainan anatomi, dan kegagalan konduksi listrik jantung. Faktor-faktor penyebab serangan jantung yaitu tingkat kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, kegemukan, tidak pernah olahraga/jarang olahraga, diabetus mellitus, dan kelainan genetik.


Gambar. Jantung  peredaran darah


Sekian penjelasan sedikit dari saya tentang peredaran darah dan kelainannya. Apabila ada kata yang tidak enak atau salah ketik mohon dimaafkan, karena saya hanya manusia biasa yang punya banyak kesalahan.Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

-kelainan pada sistem peredaran darah 


Baca juga: Pengertian desain grafis dan unsurnya


Wassalamu'alaikum wr wb.

0 Response to "Sistem Peredaran Darah Pada Manusia, dan kelainan pada sistem peredaran darah | www.lutfin.com"

Post a Comment