IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Macam Macam Warna dan Pengertian Bitmap dan Vektor

Macam Macam Warna dan Pengertian Bitmap dan Vektor - Selamat datang kembali teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang Macam Macam Warna dan Pengertian Bitmap dan Vektor namun jangan lupa belajar tentang 9 Pelajaran Desain Grafis yang wajib kalian ketahui

Pengertian Bitmap dan Vektor.
Perkembangan dunia digital dalam berbagai bentuk menunjukan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan image atau citra terhadap suatu obejk atau benda. Perkembangan ini tak lepas dari kencangnya laju perkembangan Hadware pencipta Image maupun pengelolah hinga percetakan yang sangat visualisasi.
grafis-media.website

Dis sisi perangkat lunak,pengelolah grafis,termasuk kategori yang memiliki pengemar yang sangat banyak mengingat aplikatifnya yang relatif tingi dibandingkan dengan pemograman atau jaringan. Software pengelolah gambar  secara umum terbagai dalam dua bagian :

1-Bitmap
Bitmap adalah gambar bertipe raster, hanya mengandalkan jumlah pixel dalam satuan unit  tertentu.
semakin rapat gambar maka semakin bagus juga kualitas gambar, sebaliknya jika dipaksa besar maka akan terlihat pecah gambarnya,file yang dihasilkan berupa : BMP.GIF dan JPEG

2-Vektor
Vektor dijabarkan berbentuk garis dan bagian bagain gambar saling berhubungan dengan gambar lainya,ukuran file kecil jika diubah maka ukuranya menjadi tetap, contoh file Vektor adalah : WMF.SWF.CDR dan AI dan biasanya sering digunakan untuk membuat desain logo,ilustrasi dan animasi.

Suatu foto atau gambar bisa dipresentasikan format bitmap dalam ribuan titik (pixel) warna - warni yang bebentuk suatu pola, pada file bitmap disebut menjadi 2 kerangka yaitu :

1-Resolusi 
Jumlah titik persatuan luas, yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap,biasanya dinyatakan dalam suatu DPI (dot per inci)
2-Intentitas
Kedalaman warna yang akan membutuhkan kualitas,warna gambar secara keseluruhan , biasanya dikenal dengan sitilah 256 warna,high color,true color,grascale serta white black.

Konsep Warna.

1-RGB singkatan dari Red Gren Blue. 3 warna utama yang digunakan sebagai patokan warna universal, seorang desainer dapat mengubah warna menjadi kode, sehingga warna akan tampak menyeluruh. Seorang desainer tidak bisa mengatakan sebuah warna berdasar pertimbangan subjektif, misal : Biru muda menurut orang awam adalah birunya langit disiang yang cerah. warna biru mempunyai komposisi anatara paduan Red,Green,Blue, derajat angka 115-221-240.

Baca Juga :
2-CMYK, Standart warna internasional yang sering di gunakan didunia percetakan adalah CMYK yang merupakan singkatan dari Cyn,Magenta,Yelow dan K mewakili warna Hitam (Black) CMYK Menggunakan warna standart yang kordinat, rangenya antara 0-100, sehingga kehadiran unsur K (Hitam) sangat menentukan, berapapun kordinatnya selama K nya 100 maka warna tersebut akan menjadi hitam. CMYK merupakan warna berbasi pigment , menyesesuaikan diri dengan berbasis dunia industri printing, sampai saat ini didunia cetak mencetak memakai 4 warna dasar yaitu CMYK.

Baca Juga : 

materi desain grafis kelas 10 semester 1 pdf materi desain grafis kelas 10 semester 2 pdf materi desain grafis kelas 10 pdf materi dasar desain grafis kelas 10 pdf materi dasar desain grafis kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 pdf desain grafis kelas 10 tkj materi ddg kelas 10 semester 2 materi desain grafis kelas 10 tkj semester 1

Kesimpulanya

RGB digunakan untuk warna monitor sedangkan CMYK digunakan untuk warna printing.
RGB yang nantinya dilihat dari media Monitor PC.HP namun CMYK yang nantinya akan dilihat hasil dari media ecetak.

Source : timtkj,blogspot,com

Demikian ulasan singkat yang bisa saya bagikan,semoga bisa mambnatu belajar kalian dan lebih giat lagi dalam menekuni dunia desain grafis.

Kata Kunci :

macam macam warna
macam macam warna hijau
macam macam warna biru
macam macam warna pink
macam macam warna dan namanya
macam macam warna coklat
macam macam warna ungu
macam macam warna kuning
macam macam warna merah
macam macam warna dan gambarnya
macam macam warna rambut


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel